Sabtu, 16 Februari 2008

pnginstalan

Pengenalan, Instalasi dan Pensetingan mySQL
Pengenalan
mySQL adalah database server yang sangat ideal untuk data segala ukuran. Dengan kemampuannya yang dapat bekerja di lingkungan Unix maupun Win32 dan sifatnya yang bersifat Open Source Freeware (dibawah lisensi GNU, General Public License; lihat di [Url/ Link hanya untuk Member. ]), mySQL menjadi pilihan yang tepat bagi pengembangan aplikasi kelas menengah kebawah dan kelas korporat.

Kemampuan paling menonjol mySQL Server adalah dalam hal kecepatannya yang sangat tinggi dalam melakukan proses data, multi-threaded, multi-user, dan sangat mudah dalam melakukan query dibandingkan SQL server yang lain. Hal ini sudah dibuktikan dari hasil Benchmark yang dapat anda lihat di [Url/ Link hanya untuk Member. ]

Berikut adalah sebagian hasil Benchmark mySQL dengan SQL Server yang lain(dijalankan di mesin NT 4.0yang sama) :
Reading 2.000.000 rows by index

Seconds
mysql 367
mysql_odbc 464
db2_odbc 1206
informix_odbc 121126
ms-sql_odbc 1634
oracle_odbc 20800
solid_odbc 877
sybase_odbc 17614

Inserting (350768) rows

Seconds
mysql 381
mysql_odbc 619
db2_odbc 3460
informix_odbc 2692
ms-sql_odbc 4012
oracle_odbc 11291
solid_odbc 1801
sybase_odbc 4802
Dalam tes diatas, MySQL dijalankan dengan index cache sebesar 8M
Kabayang nggak cepetnya? Test diatas dijalankan dengan mySQL versi 3.23. Tentu hasil tersebut mungkin saja sudah berubah dengan perkembangan SQL Server saat ini.
Dalam pembahasan kali ini, platform yang akan kita gunakan adalah Win32, yaitu Win9x, W2K, dan WinXP

Instalasi
Setelah anda mendapatkan mySQL Server (saya sarankan versi 3.23 karena paling stabil dan free, anda dapat mendownloadnya di [Url/ Link hanya untuk Member. ]). Jalankan Setup.exe -nya.
Setelah proses instalasi selesai, jalankan sortcutnya atau jalankan secara manual di (biasanya mySQL akan diinstallkan di root folder anda, misalnya di "C:\MYSQL" "folder_instalasi_mysql\bin\winmysqladmin.exe". Winmysqladmin adalah interface mySQL Server yang mempermudah proses monitoring server.

Seperti pada gambar berikut


Apabila anda belum pernah menginstallkan mySQL Server ke dalam mesin anda, anda harus memasukkan nama user dan password terlebih dahulu.
Masukkan sesuai dengan keinginan anda, tetapi saya sarankan :
Username : root
Password: terserah anda
Setelah itu, jendela tersebut akan ke tray secara otomatis. Dan... mySQL Server ready for your service...!
Konfigurasi
Pada dasarnya, tidak dibutuhkan konfigurasi ulang dengan mySQL Server anda. Akan tetapi, "Tak kenal maka tak sayang" bukan? Jadi klik (satu kali saja) di tray anda , lalu pilih "Show Me". Maka jendela seperti Gambar 1 akan muncul kembali.
Kali ini pilih pada tab "my .INI setup" seperti gambar berikut

Jika anda menjalankan di mesin berbasis NT, maka saya sarankan pilih (walaupun biasanya sudah terpilih secara otomatis) "mysqd-nt" pada pilihan server sebelah kiri. Jika anda menggunakan kelas 9x (95,98, Me) pilih yang "mysqld".

Berikut adalah beberapa keterangan yang ada dalam "my.INI" :
#This File was made using the WinMySQLAdmin 1.4 Tool
#7/12/2003 5:09:49 AM
#Uncomment or Add only the keys that you know how works.
#Read the MySQL Manual for instructions
[mysqld]
basedir=C:/MYSQL
#bind-address=127.0.0.1
datadir=C:/MYSQL/data
#language=C:/MYSQL/share/your language directory
#slow query log#=
#tmpdir#=
#port=3306
#set-variable=key_buffer=16M
[WinMySQLadmin]
Server=C:/MYSQL/bin/mysqld-nt.exe
user=root
password

Semua baris yang diawali dengan tanda pagar (#) adalah komentar dan tidak akan diproses. Perhatikan pada baris terakir:
user=root
password

Nilai tersebut bervariasi sesuai dengan nilai yang anda masukkan saat anda diminta untuk memasukkan username dan password saat pertama kali mySQL dijalankan. Anda dapat mengubahnya sesuai yang anda inginkan pada baris tersebut.

Catatan: "root" adalah user default mySQL. Jika anda menggunakan username tersebut untuk aplikasi dengan data yang TIDAK PUBLIC, sebaiknya ganti username tsb dengan nama lainnya, misalnya "wong_wagu" dan berikan password!
Coba bereeksperimen dengan nilai-nilai tersebut. Tetapi...copy dan paste nilai-nilai tersebut ke file lain sebelum anda bereksperimen dengannya. Saat mysql tidak mau jalan (ikon pada tray akan berwarna merah), buka lagi tab tersebut, dan masukkan nilai default yang sudaha anda simpan sebelumnya, lalu pilih "Save Modification"

Tidak ada komentar:

Ziddu yeUh.......