Minggu, 27 Juli 2008

Pejuang Alam Erin Brockovich Dari Buyat

Dialah Ensiklopedi hidup soal pencemaran Teluk Buyat.Di balik Pencemaran ini banyak nestapa-nestapa yang menggegerkan terutama pada tahun 2004,yang di mana alam yang seharusnya terus di jaga dan di rawat,melainkan justru bagi kepentingan kemanusiaan.Buakan semata demi alam itu sendiri.

Surtini Paputungan,satu dari trio motor penggerak perlawanan warga Buyat terhadap PT>Newmont Minahasa Raya.
Di media massa,namanya nyaris tak terdengar dan di kenal.Namun,kisah kegigihannya selama 8 tahun membuat orang teringat akan Erin Brockovich,janda pengangguran yang dapat memaksa Pasific Gas dan Electric membayar ganti rugi US$ 333 juta bagi warga Hinkley,California,karena mencemari air sumur logam berat.
Surtini memang tak sepandai Erin- yang kisah hidupnya di filmkan menjadi Erin Brockovich itu.Erin pertnah kuliah,sementara Surtini hanya lulusan SMP yang menggantungkan hidup dengan mencari nener bandeng dan menjual ikan.Kendati begitu,Surtini adlah sumber inspirasi warga Buyat.

Ibu empat anak ini ikut berdemo pada 1996 ketika banyak ikan mati di Buyat dan nener menghilang.Berkat kegigihan Surtini, banyak warga berani bersaksi. Dia juga membantu pembikinan film soal Buyat untuk di tayangkan di forum Bank Dunia.
Surtini adalah sebuah tamsil yang dapat kita ke depankan setiap kali kita hendak berbicara tentang bagaimana perempuan memandang,memahami dan memperlakukan alam semesta.
Di tengah perjuangan,hidupnya makin susah.tak ada ikan yang bisa di tangkap,tak ada pekerjaan.Apalagi,saat ia berdemo ke jakarta,suaminya yang menjadi kuli bangunan di keluarkan dari proyek karang buatan milik Newmont.hidup surtini kerap bergantung pada utang.

Namun,seperti Erin Brockovich,Surtini tetap gigih dan tak pernah menyerah demi memperjuangkan keseimbangan alam semesta yang terancam goncang.Terutama bagi warga buyat yang kini mulai tak jelas penghidupannya.
(sumber:Tempo,Januari 2005)

Tidak ada komentar:

Ziddu yeUh.......