Rabu, 24 Desember 2008

JAWABAN SOAL KLS XI TKJ

Bagian PG :

1. C = Flashdisk

2. C = 10-100 Mbps

3. A = Bus

4. C = Ring

5. A = Hub

6. B = UTP

7. A = kabel koaksial

8. B = Kabel Fiber optic

9. C = Terhubung ke internet

10. B = IP

11. C = TCP/IP

12.B = International Networking

13.C = ArpaNet

14.B = Node

15.D = Router

16.C = DARPA

17.B = Network Acces Layer

18.A = 5 kelas

19.A = IP Addres

20.C = Institusi Pendidikan

Bagian Essay :

1. deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet dan memiliki 5 kelas.

2. Yang termasuk ke dalam Host adalah "smk-tkt" , Yang termasuk ke dalam Top domainnya adalah "http://smk-tkt.sch.id/Artikel", karena domain itu adalh penamaan suatu domain (domain name) dalam internet.Misalkan suatu domain bernama www.yahoo.com,maka top domai level pertamanya adalah com sedangkan level keduanya yahoo dan ke tiga adalah www.Yang termasuk Protocol adalah "http://". Protocol adalah yang menspesifikasikan secara detail bagaimana komputer berinteraksi/hubungan telekomunikasi.Phat adalah kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat di lakukan dengan benar,yang termasuk Phat adalah "/Artikel".

3. Urutan pengkabelan pun berbeda antara Cross (Crossover) dan (Straight-through). Berikut kita bahas cara pembuatannya.Sebelumnya kita persiapkan peralatan yg dibutuhkan. Kabel UTP Seperlunya , RJ-45 (8P8C modular jack) , Crimp Tool , Cable Tester.Kita ibaratkan dalam satu panjang kabel memiliki kedua ujung sebut saja ujung “A” dan ujung “B”

Langkah :
1. Kupas bungkus terluar kabel UTP menggunakan crimp tool, akan terlihat 8 kabel kecil warna-warni.
2. Urutkan kabel sesuai urutan yang diinginkan, T568A atau T568B

Straight (Straight-through)

Kabel “A” dan Kabel “B
Kedua ujung kabel dibuat sama persis urutannya .Urutannya adalah:

1.Putih-orange… 2.Orange

3.Putih-hijau… 4.Biru

5.Putih-biru… 6.Hijau

7.Putih-coklat… 8.Coklat

Sedangkan pada.

“Cross (Crossover)”

Kabel “A”
Sedangkan pada pembuatan kabel PC-to-PC, kita menggunakna urutan yg berbeda pada salah satu Kabel..Pada ujung Kabel “A”Urutannya adalah:

1.Putih-orange… 2.Orange

3.Putih-hijau… 4.Biru

5.Putih-biru… 6.Hijau

7.Putih-coklat… 8.Coklat

Pada ujung Kabel “B” . Urutannya adalah:

1.Putih-hijau… 2.Hijau

3.Putih-orange… 4.Biru

5.Putih-biru… 6.Orange

7.Putih-coklat… 8.Coklat

Atau cara singkanya sama seperti membuat urutan pada ujung kabel “A” hanya saja urutan no.1 dirubah menjadi no.3 dan no.2 menjadi no.6

3. Masukkan ujung2 kabel dengan cara mendorong hingga mentok pada ujung bagian dalam RJ-45

4. Gunakan crimping tool untuk memasang RJ-45. Masukkan pada lubang RG-45 (bagian paling besar) dan jepit hingga terdengar suara “klik”.

5. Test kabel dengan cable tester. Jika kedelapan lampu led menyala bergantian sesuai urutannya, berarti sudah tersambung dengan baik.

A. Jenis kabel UTP
UTP Cable (khususnya CAT5 / CAT5e)
B. jenis kabel STP
“Unshielded Twisted Pair”
Kabel “Unshielded twisted pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45.Kategori UTP : Terdapat 5 kategori (level) untuk kabel UTP. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi. Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori :
->Performansi (MHz)
Penggunaan
Cat 1
Voice, Mainframe, Dumb Terminal
Cat 2
4 MB Token Ring
Cat 3
10MB Ethernet
Cat 4
16 MB Token Ring
Cat 5
100 MB Ethernet
“Shielded Twisted Pair”
“Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”).Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.
Kelemahan kabel STPKabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
a. Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
b. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya “crosstalk” dan sinyal “noise”.
Harganya cukup mahal.
-> Ada dua jenis tipe pengaturan/konfigurasi kabel UTP, yaitu:- Straight (langsung)- Cross (menyilang)Urutan angka, yaitu :- kabel Straight, ujung 1 adalah 1 2 3 4 5 6 7 8 dan ujung satunya sama 1 2 3 4 5 6 7 8 .- kabel Cross, ujung satu adalah 1 2 3 4 5 6 7 8 dan ujung berikutnya adalah 3 6 1 4 5 2 7 8 .
Untuk pengaturan warna kabel straight adalah seperti berikut :untuk tipe A
untuk tipe B
untuk kabel Cross adalah seperti berikut :
dengan mengkombinasi antara tipe A di ujung kabel 1 dan tipe B di ujung berikutnya.

4. ACL (Access Control List)

ACL adalah daftar alamat ip atau host. Daftar ini diperlukan bila ada rule yang mengharuskan. Misalnya DNS server ini hanya boleh dipakai oleh sekelompok tertentu saja, sisanya di tolak. Hal ini diperlukan untuk membuat DNS server yang diquery dari dalam firewall

acl name {

daftar_list_nama;

};

Tidak ada komentar:

Ziddu yeUh.......